Minggu, 11 Desember 2011

/usr/lib/firefox-4.0/firefox-bin: /opt/google/desktop/lib/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.9′ not found (required by /usr/lib/firefox-4.0/libxul.s

maaf judulnya kalau "gak jelas" ...
judul di atas adalah output pada terminal di slackware saya pagi ini
disaat saya ingin menjalankan mozilla firefox untuk menikmati pagi yang cerah ini :D

lalu..?
karena saya menginstal 5 browser di slackware saya, yaitu, mozilla,google-chroome, opera,chromium,flock :P
dan kebetulan yang bermasalah ada pada mozilla-firefox dan google-chroome-nya..
alhasil saya masih bisa berinternet dengan mengunakan opera.. thx opera.. :D

walau begitu, saya masih, penasaran, apa geranggan yang tejadi pada mozilla dan google-chroome saya ..??
karena kebetulan yang bermasalah ada pada kedua browser tersebut

# firefox
/usr/lib/firefox-4.0/firefox-bin: /opt/google/desktop/lib/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.9' not found (required by /usr/lib/firefox-4.0/libxul.so)
/usr/lib/firefox-4.0/firefox-bin: /opt/google/desktop/lib/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.14' not found (required by /usr/lib/firefox-4.0/libxul.so)

# google-chrome
/usr/bin/google-chrome: /opt/google/desktop/lib/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.9' not found (required by /usr/bin/google-chrome)
/usr/bin/google-chrome: /opt/google/desktop/lib/libstdc++.so.6: version `GLIBCXX_3.4.11' not found (required by /usr/bin/google-chrome)

di atas adalah output pada terminal saya pagi ini :(

saatnya mencari solusi dengan menggunakan opera dan bertanya ke google
yess.. saya menemukan solusinya.. ini dia

akses terminal, tuliskan command berikut..

# cd /opt/google/desktop/lib
# ls
# mv libstdc++.so.6 libstdc++.so.6.orig
# ln -s /usr/lib/libstdc++.so.6.0.9 libstdc++.so.6

yups,, akhirnya ... problem solved :D
mozilla dan google-chroome saya bisa terbuka dengan manisnya :D

Dengan ini saya nyatakan, PROBLEM SOLVED .....

NB : ternyata, setelah saya cermati command di atas.. ada hubungannya dengan aplikasi google-desktop saya..
tapi entah apa itu :??? yang penting tidak terjadi apa-apa pada browser saya dan aplikasi google-desktop saya
dan keduanya pun masih bisa saya gunakan dengan baik.

sumber : http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=808045

Tidak ada komentar:

Posting Komentar